Sabtu, Mei 17, 2008

Empowering Framework Launcher

Empowering Framework Launcher adalah salah satu fasilitas yang disediakan oleh acer untuk memudahkan pada pengguna acer saat ber-koneksi ke internet. Software ini merupakan fasilitas tambahan, dan bukan merupakan software yang harus di Install seperti laiknya sebuah driver.

Untuk dapat meng-install software ini, sebelumnya kita wajib memasukkan seluruh driver acer notebook yang kita gunakan, terutama Launch Manager. Biasa-nya driver-driver kompi kita sudah disertakan pada saat beli. Launch Manager ini berfungsi untuk memperkenalkan tombol-tombol proprietary dari Acer yang ada di keyboardnya. Ada beberapa tombol yang penting, yaitu tombol dengan logo e (empowering technology), logo web, dan logo e-mail.

Logo web dan e-mail ada di bagian kiri / kanan atas, bersama-sama dengan tombol aktifasi wireless. Kalau kita tekan tombol ini dia akan menjalankan program yang sesuai untuk web dan e-mail. Misalnya saat ditekan tombol web akan menjalankan Firefox dan tombol e-mail menjalankan Thunderbird.

Software empowering technology nya harus di install dulu supaya saat tombol ini ditekan aplikasi empowering technology otomatis aktif. Instalasi empowering technology akan diberikan sebagai berikut.

Pertama, install dulu dotnetfx versi 1 yang bisa didownload gratis dari situsnya microsoft. Ingat ya, versi satu. It’s Ok, bila kita sudah mempunyai versi 2, 3 atau 3.5. Langsung aja kita install yang versi 1. Selanjutnya install empowering technology framework.

Setelah empowering technology framework terinstall, boleh install bagian yang lain. Setidaknya ada 7 bagian softare yang terpisah, yaitu :

  1. e Power, digunakan terutama untuk mengatur penggunaan batere laptop.
  2. e Setting Management, untuk akses bios dan informasi hardware.
  3. e Performance, untuk mengatur penggunaan prosesor, memori, dan harddisk.
  4. e Data security, untuk mengenkripsi file, folder, atau drive
  5. e Lock, untuk mengunci drive removable
  6. e Presentation, untuk meng adjust output ke proyektor digital
  7. e NM, untuk Network Management

Bagian yang terpenting disini adalah nomor 1 sampai 3, yang lain ngga diinstall juga ngga apa-apa.

Oke ... Mang Dedy ... Bravo Pos Jabar ....!!

Tidak ada komentar: